Kumpulan advokat yang tergabung di Dewan Pengurus Pusat (DPP) Lingkar Nusantara.
Sumber :
  • ANTARA

Pakta Integritas Pj Bupati Sorong Kembali Jadi Sorotan, Jokowi Didesak Copot Kepala BIN

Rabu, 29 November 2023 - 23:39 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Kumpulan advokat yang tergabung di Dewan Pengurus Pusat (DPP) Lingkar Nusantara mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencopot Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin) Budi Gunawan. 

Hal itu lantaran adanya kasus pakta integritas yang ditandatangani oleh PJ Bupati Sorong dan Kabinda Papua Barat, agar memenangkan pasang capres Ganjar Pranowo.

Terlebih Bawaslu juga mengamini ada dugaan pelanggaran terkait pakta integritas Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso.

"Evaluasi untuk Kepala BIN karena notabenenya sama-sama sudah menjadi rahasia umum kedekatan antara Kepala BIN dengan PDIP dan Megawati," kata Ketua Umum Lingkar Nusantara Hendarsam Marantoko melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Menurut Hendarsam, kejadian pakta integritas PJ Bupati Sorong dan Kabinda Papua Barat merupakan hal yang terstruktur. Apalagi, kata dia, Kabinda tidak mungkin bergerak tanpa persetujuan dari pusat atau Kepala BIN. 

"BIN itu setau kita satu komando, hampir tidak  mungkin kabinda melakukan itu tanpa perintah dari pusat (Kepala BIN)," tuturnya. 

Lebih jauh, dia menyebut, kejadian pakta integritas PJ Bupati Sorong sudah dinyatakan bersalah oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Sebabnya, dugaan kecurangan ini tidak bisa dibantah. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral