Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj. (kanan).
Sumber :
  • ANTARA

Eks ketum PBNU Said Aqil Ungkap Penilaian Gus Dur Untuk Mahfud Md, Ternyata...

Minggu, 3 Desember 2023 - 12:20 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud MD merupakan orang yang cerdas, dan dikagumi oleh mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Demikian disampaikan Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj.

Hal itu disampaikan Said merujuk kitab al-Ahkam al-Sulthaniyah karya Al-Mawardi terkait dengan kriteria yang harus dimiliki oleh calon pemimpin, dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (3/12/2023).

"Kalau saya lihat di fikih siyasah karangan Al-Mawardi, presiden dan wakil presiden syaratnya harus berilmu, pintar, dan cerdas. Pak Mahfud pintar tidak? Cerdas tidak? Profesor doktor ahli tata negara. Dahulu Gus Dur juga kagum kepada beliau," kata Said di Sidoarjo, Jawa Timur.

Said mengatakan bahwa kriteria seorang calon pemimpin adalah harus berlaku adil kepada masyarakat dan tidak tebang pilih.

"Kedua, pemimpin harus berlaku adil kepada masyarakat, tidak tebang pilih, tidak pandang bulu menegakkan keadilan. Pak Mahfud kira-kira pemimpin yang akan menegakkan keadilan tidak? Insyaallah. Kalau Pak Mahfud jadi wakil presiden akan memberantas korupsi dan melakukan perbaikan," katanya.

Menurut Said, kriteria ketiga adalah seorang calon pemimpin harus tidak tamak dan tidak rakus, dan tidak menumpuk harta untuk kepentingan pribadi. Selain itu, pemimpin harus berani dan tidak penakut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral