Tangkapa layar - Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka di Youtube bertajuk ‘Info A1: Kali Ini Gibran Bicara Panjang, Siap Debat?.
Sumber :
  • YouTube

Gibran Soroti Stunting di Daerah Kumuh, Harus Ada Intervensi Konkret Pemerintah

Jumat, 8 Desember 2023 - 14:50 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Selain pemberian makan siang dan susu gratis kepada seluruh anak-anak di Indonesia untuk pencegahan stunting, Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengaku punya cara lain.

Cara tersebut adalah dengan pembenahan lingkungan tempat tinggal masyarakat terutama wilayah yang tergolong kumuh.

Hal ini dijelaskan Gibran secara gamblang pada siaran Youtube bertajuk ‘Info A1: Kali Ini Gibran Bicara Panjang, Siap Debat?” yang dipantau di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

“Yang paling penting, bukan anak dan ibunya saja. Tapi, juga misal daerah kumuh ini otomatis kalau ada daerah kumuh, pasti stuntingnya tinggi, perlu bedah rumah, sanitasi drainase yang baik, semua masalah terselesaikan,” kata Gibran.

Adapun Gibran menyorot salah satu program yang digaungkan oleh pasangan Prabowo-Gibran yaitu pemberian makan siang dan susu gratis kepada anak-anak di sekolah, juga susu gratis untuk ibu hamil.

Ia juga mengatakan perlunya melakukan screening anak saat masa remaja, kesehatan para ibu juga perlu dimonitor hingga anaknya lahir.

“Pencegahan stunting dimulai dari remaja, jadi memang permasalahan stunting itu A-Z dan harus ada kerjasama lintas dinas. Kalau di Solo, di Dinas PUPR masalah pemukiman kumuh juga. Ya pokoknya lintas Dinas lingkungan, dan di beberapa RT-RW ada inisiasi kampung bebas rokok,” jelas Gibran. (ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral