Menkumham RI, Yassona Laoly saat menghadiri Hari HAM Sedunia ke-75 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/12/2023).
Sumber :
  • tvOnenews/Rika Pangesti

Pengungsi Rohingya Banjiri Indonesia, Yasonna Laoly: Iming-Iming Kehidupan Layak dari Pelaku TPPO

Senin, 11 Desember 2023 - 08:23 WIB

 

Jakarta, tvOnenews.com - Membludaknya pengungsi Rohingya ke Indonesia menurut Menteri Hukum dan HAM (MenkumHAM) Yasonna H. Laoly perlu diwaspadai  adanya dugaan pelanggaran HAM 

Meski banyak pengungsi ditolak warga setempat, pihaknya tetap akan bertindak bila ditemukan pelanggaran HAM seperti sindikat penyelundupan imigran.

"Memang ini adalah sindikat, sudah (ada yang) ditangkap polisi. Namun, kita harapkan juga bahwa ini akan bisa kita hindarkan di kemudian hari, karena mereka juga adalah korban-korban dari mafia-mafia yang membawa mereka," kata Yasonna di sela peringatan Hari HAM se-Dunia ke-75 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/12) malam.

Yassona menambahkan, indikasi iming-iming oleh para pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang atau TPPO perlu diwaspadai, karena tak sedikit para pengungsi menjual harta bendanya dengan ditawarkan kehidupan yang lebih layak.

"Tapi sekarang kita lihat reaksi sosial dari masyarakat kita (yang menolak). Perbedaan kultur, perbedaan budaya selalu terjadi," jelasnya.

Yasonna mengakui kedatangan pengungsi tersebut meresahkan sejumlah warga setempat, khususnya di Aceh dan Sumatera Utara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral