Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) saat memberikan keterangan usai menghadiri acara Apindo di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (11/12/2023).
Sumber :
  • (ANTARA/Rio Feisal)

Ganjar Pranowo Keluhkan Durasi Debat Capres yang Terlalu Pendek: Kurang Mengakomodir Keingintahuan Publik

Selasa, 12 Desember 2023 - 09:35 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ganjar Pranowo, Capres nomer urut 3 menilai durasi debat Capres-Cawapres yang disediakan oleh KPU selama 155 menit sangatlah kurang. Menurutnya, waktu yang diberikan tak mengakomodir keinginan publik.

“Iya, enggak akan bisa mengakomodir semuanya. Karena itu Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) mengundang, (diskusi) Apindo ini melengkapi cerita-cerita soal debat yang sifatnya formal,” kata Ganjar usai menghadiri acara Apindo di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin.

ganjar menambahkan, dengan durasi waktu yang sangat singkat tersebut, dirinya merasa sangat terbatas untuk menyampaikan pengalaman dan rekam jejak yang akan dijadikan pertimbangan masyarakat dalam memilih kandidat Capres dan cawapres.

“Tetapi kan sebelum-sebelumnya ada pendapat, ada pengalaman, track record (rekam jejak), diskusi-diskusi seperti dengan Apindo. Jadi publik bisa menilai, kawan-kawan media juga bisa memberitakan,” katanya.

Meski demikian, Ganjar kembali menegaskan jika materi yang akan dibawakanya dalam debat perdana Selasa (12/12/2023) malam pukul 19.00 WIB berpedoman pada visi-misi dalam dokumen Ganjar-Mahfud Md.

“Karena ini tema yang pernah dilakukan, kita alami, tinggal kita membicarakan atau fitting (sesuaikan) dengan visi-misi yang ada di dalam dokumennya Ganjar-Mahfud. Jadi besok kami akan jelaskan soal itu,” kata mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Sementara itu, terkait tema yang akan diangkat dalam tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Sementara itu, debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. (ant/mii)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:03
01:19
10:33
08:48
02:40
03:11
Viral