Aksi Tolak Perppu Cipta Kerja Oleh Ratusan Buruh di DPRD Sumut.
Sumber :
  • Zul Fahmi/tvOne

Pekan Depan Ribuan Buruh Kepung Gedung MK untuk Kawal Sidang Perdana Uji Materiil UU Omnibus Law

Jumat, 15 Desember 2023 - 19:27 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ribuan buruh bakal kembali turun ke jalan untuk unjuk rasa menggeruduk Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (21/12/2023).

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan ribuan buruh akan menggeruduk Gedung MK pada pekan depan itu bertujuan mengawal Sidang Perdana Uji Materiil Cipta Kerja, yang telah didaftarkan pihaknya ke MK pada awal Desember kemarin. 

Menurutnya dalam UU Omnibus Law Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan terdapat 9 poin yang digugat oleh buruh.

"Dalam klaster ketenagakerjaan ada 9 poin yakni terkait upah minimum yang kembali pada konsep upah murah, outsourcing seumur hidup, kontrak kerja yang berulang-ulang, pesangon murah, PHK yang dipermudah, pengaturan jam kerja dan pengaturan cuti (tidak ada kepastian upah bagi buruh perempuan yang akan mengambil cuti haid atau melahirkan)," kata Said Iqbal dalam konferensi persnya via zoom, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

"TKA unskill worker yang dapat bekerja dahulu sembari menunggu administrasi dapat mempersempit lapangan kerja bagi pekerja dalam negeri, dan dihapusnya beberapa sanksi pidana yang sebelumnya tercantum dalam UU No.13/2003," sambungnya. 

Said Iqbal berkeyakinan jika uji materiil UU Omnibus Law Cipta Kerja kali ini bakal berbuah manis bagi pihaknya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:20
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
Viral