BPIP.
Sumber :
  • BPIP

Refleksi Akhir Tahun 2023, BPIP Terus Konsisten Bumikan Pancasila

Senin, 18 Desember 2023 - 21:33 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus konsisten dalam pengarusutamakan nilai-nilai Pancasila bagi Kementerian Lembaga Negara dan masyarakat lainnya.

Pembumian nilai Pancasila yang dilakukan BPIP melalui berbagai kegiatan dan program dengan tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"BPIP juga melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan" ujar Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D saat membuka acara Refleksi Akhir Tahun 2023 BPIP di Jakarta, Senin, (18/12).

Lebih dari itu BPIP selalu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik.

"Sepanjang Tahun 2023, tentunya BPIP telah melewati berbagai macam tantangan. Ada yang tersimpan sebagai motivasi, dan ada pula yang menjadi pembelajaran", ujarnya.

Beberapa program dan kegiatan prioritas BPIP diantaranya BPIP bersama Kementerian Kemendikbudristek telah resmi meluncurkan Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila pada tanggal 28 Agustus 2023.

"Ini merupakan tindak lanjut dari PP 4 Tahun 2022 tentang Standar  Nasional Pendidikan yang mengamanatkan pemberlakuan Mata Ajar Pancasila sebagai mata ajar wajib dari PAUD sampai dengan  Perguruan Tinggi" paparnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:04
06:22
01:41
28:24
01:29
03:20
Viral