Rumah adat toraja rubuh diterjang angin puting beliung, Jumat(10/12/2021).
Sumber :
  • Tim Tvone-Joni Bane Tonapa

Diterjang Angin Puting Beliung, 3 Lumbung Padi Ambruk dan 1 Rumah Adat Toraja Rusak Parah.  

Jumat, 10 Desember 2021 - 10:15 WIB

Toraja Utara, Sulawesi Selatan - Angin puting beliung yang menerjang Dusun Ulu Kallan, Lembang Kapala Pitu, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (10/12/2021) membuat tiga lumbung berisi padi porak poranda.

“Saat kejadian anging sangat kencang membuat beberapa pohon yang berada di sekitar lokasi juga tumbang kemudian disusul rubuhnya tiga lumbung yang berisi padi,” ujar Alexander Tomi, salah seorang warga.  

Tiupan angin kencang yang terjadi bebera hari terakhir karena cuaca buruk, membuat tiga lumbung padi atau alang, salah satu rangkaian bangunan rumah adat toraja ambruk dan rusak parah akibat terhempas ke tanah.  

Selain merusak tiga lumbung padi, angin puting beliung yang datang secara tiba–tiba tersebut juga membuat atap rumah Tongkonan (Rumah Adat Toraja) terhempas jauh akibat tiupan angin di daerah perbukitan Ulu Kallan.  

Beruntung saat kejadian tak ada korban jiwa, namun kerugian yang ditimbulkan akibat rubuhnya tiga lumbung padi yang diterjang angin puting beliung tersebut diperkirakan hingga ratusan juta rupiah.

“Tidak ada korban pak karena saat itu kami ada di dalam rumah,” Terang Alexander. 

Alexander Tomi yang berada dilokasi mengungkapkan, saat kejadian anging sangat kencang membuat beberapa pohon yang berada disekitar lokasi tumbung kemudian disusul rubuhnya tiga lumbung yang berisi padi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral