Pemakaman Rizal Ramli.
Sumber :
  • Tim tvOne/Muhammad Bagas

Tak Habis Pikir Meski Mantan Menteri Rizal Ramli tidak Dimakamkan Secara Kenegaraan, Ternyata Ini Alasannya

Kamis, 4 Januari 2024 - 21:03 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Jenazah mantan Menteri Keuangan RI sekaligus mantan Menteri Perekonomian RI, Rizal Ramli telah dikebumikan di TPU Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2024).

Rizal Ramli tak dimakamkan secara kenegaraan. Tim Komunikasi Keluarga Rizal Ramli, Yos Sampurna Nggarang menjelaskan alasan mantan Menko Kemaritiman itu tak dimakamkan secara kenegaraan.

Yos menjelaskan bahwa hal itu adalah wasiat dari Rizal Ramli sendiri yang tak ingin dimakamkan secara kenegaraan meskipun mantan menteri.

"Beliau dimakamkan satu liang dengan mendiang istri, Ibu Hera, dan kemudian juga tidak dimakamkan secara kenegaraan meskipun beliau pejabat, karena itu memang wasiat beliau, karena dia lebih dekat dengan semua orang, dengan rakyat dan lain-lain," tutur Yos saat di lokasi pemakaman, Kamis.

Lebih jauh Yos juga mengungkapkan bahwa selama hidup Rizal menjadi menteri dari berbagai era pemerintahan, namun ia menolak untuk diberikan fasilitas dana pensiunan sebagai menteri.

"Dan memang ada yang saya buka disini, beliau juga menolak ketika disodorkan form untuk pensiun sebagai menteri dulu, dia menolak itu semua karena dia bilang bahwa jabatan itu hanya amanah," ungkap dia. 

"Dia menolak itu, sehingga dari negara juga memberi peran, tapi kami berterima kasih atas nama keluarga. Jadi hari ini dia di rumah menjadi milik keluarga tapi di luar rumah menjadi milik kita semua," tutupnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
02:47
Viral