Ketua Umum PKN Anas Urbaningrum..
Sumber :
  • ANTARA

Dinilai Tak Adil, Anas Urbaningrum: Kembalikan Kesejahteraan Pengemudi Ojol

Selasa, 9 Januari 2024 - 20:02 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Ketua Umum Partai kebangkitan Nusantara (PKN) Anas Urbaningrum mengatakan ada keprihatinan yang tersembunyi di balik tren pekerjaan Ojol (Ojek Online).

PKN melakukan riset bahwa hampir 30% hasil kembali ke aplikator, sementara driver hanya memperoleh 70% dari hasil kerja bersama.

"Padahal dulu di awal-awal porsi driver mencapai 90% dari total hasil yang diperoleh. Ini kan tidak fair, karena aplikator hanya menyediakan sistem, sementara tenaga, alat kerja motor atau mobil, dan bensin adalah tanggung jawab driver,” tegas Anas Urbaingrum, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (9/1/2023).

“Dengan posisi di atas, yang lebih masuk akal adalah seorang driver harus dipandang sebagai mitra penuh oleh aplikator, bukan karyawan yang terus dikurangi porsi pembagiannya” sambung Anas.

Anas berpandangan bahwa ojol merupakan alternatif pekerjaan yang banyak diminati masyarakat dalam sepuluh tahun terakhir. Data yang dirilis Asosiasi Ojek Online GARDA mencatat jumlah driver Ojol di Indonesia mencapai sekitar 4 juta orang, lebih besar dari jumlah profesi lama, seperti nelayan. 

"Secara keseluruhan di Asia Pasifik, termasuk Indonesia, adalah pasar bagi 70% angkutan online di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri lebih dari 20 juta masyarakat adalah pengguna angkutan online," kata Anas.

Selain itu, pekerjaan Ojol ini juga merupakan faktor pengungkit bagi tumbuhnya pengguna produk IT karena setiap Ojol pasti merupakan pemegang smartphone dengan semua fasilitas teknologi yang melekat pada perangkat tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
02:00
00:49
02:08
00:40
01:30
Viral