Pasangan nomor urut 3 capres Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD..
Sumber :
  • Istimewa

Mahfud Singgung Isu Capres Serang Personal di Debat Ketiga Pilpres 2024, Prabowo Bisa Tersudut?

Rabu, 10 Januari 2024 - 02:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD ikut menanggapi adanya isu capres menyerang secara pribadi atau personal pada kegiatan debat antarcalon presiden yang digelar KPU pada Minggu 7 Januari 2024. 

Mahfud menilai debat capres putaran ketiga merupakan debat biasa saja dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan antarcalon presiden.

"Kalau menurut saya tidak ada itu serangan personal, capres kan orangnya personal jadi yang ditanya juga terkait kebijakannya," tegas Mahfud MD di Sleman, Yogyakarta, Selasa (9/2/2024).

Dia kembali menekankan bahwa tidak ada pertanyaan yang harus dijawab dengan membongkar rahasia negara.

"Pertanyaan biasa aja misalnya mengapa membeli pesawat jenis seperti ini, kan itu bukan rahasia. Kalau orang bertanya harga pesawat, kondisi pesawat peran Indonesia dalam kepemimpinan pertahanan di selatan selatan itu kan tidak ada yang rahasia dan personal," katanya.

Mahfud menambahkan rahasia negara itu ada undangan-undangnya, misalnya putusan pengadilan yang belum dibacakan, tetapi sudah diputus.

"Kemudian data intelijen tentang mata mata luar negeri di Indonesia dan mata mata kita di luar negeri itu baru rahasia negara. Kemudian objek vital nasional yang harus dijaga ketat, itu baru rahasia," tuturnya.

Adapun, tema debat ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Minggu (7/1/2024), meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.(ant/lkf)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral