Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dalam dialog Seminar Nasional Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa melalui Pembangunan Tanggul Pantai Dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall) di Kempinski, Jakarta, Rabu (10/01/2024).
Sumber :
  • Muhammad Bagas/tvOnenews.com

Antisipasi Tenggelamnya Pantai Utara Jawa, Prabowo Perintahkan Universitas Pertahanan Bangun Rumah Panggung dan Apung

Rabu, 10 Januari 2024 - 17:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto memberi tugas kepada Universitas Pertahanan (Unhan) membangun rumah panggung atau rumah apung di kawasan pantai utara Jawa.

Hal ini merupakan antisipasi dari dampak fenomena naiknya permukaan laut, hingga terjadinya abrasi di pantai utara Jawa.

"Jadi saya menugaskan Universitas Pertahanan untuk melakukan pilot projects membuat pemukiman murah di kawasan terendam air," ujarnya, dalam acara Seminar Nasional Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall), di Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024).

Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto mengungkapkan akan ada dua pola pembangunan rumah di pesisir pantai utara Jawa.

Pola pertama adalah rumah panggung yang rencananya akan dibangun di atas ketinggian lebih dari 500 sentimeter, karena terjadi kenaikan air laut hingga 25 sentimeter setiap tahunnya.

"Pertama, rumah-rumah di atas panggung yang merupakan kearifan nenek moyang kita, kalau tadi 25 sentimeter setahun, berarti kalau 20 tahun berapa itu? 500 sentimeter. Berarti panggung ini harus bisa di atas genangan setinggi itu," jelas dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral