Anwar Usman.
Sumber :
  • M. Risyal Hidayat-Antara

Disebut Hakim Konstitusi Paling Sering Bolos Rapat, Anwar Usman: Itu Lagi Dinas

Kamis, 11 Januari 2024 - 07:42 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ada narasi yang menyebutkan bahwa Hakim Konstitusi Anwar Usman merupakan hakim konstitusi paling sering bolos rapat permusyawaratan hakim (RPH) dibandingkan delapan hakim lainnya di Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Terkait hal ini, Anwar merespons bahwa dirinya bukan mangkir dari RPH, melainkan sering dinas menjalankan tugas negara. 

Anwar mengaku sering melakukan perjalanan dinas di luar negeri ataupun dalam negeri. Terlebih lagi saat dirinya menjabat sebagai Ketua MK.

“Jadi itu lagi dinas, dianggap bolos. Kalau dinas kan melakukan tugas negara juga. Saya kan waktu (jadi) ketua (MK). Sering dinas ke luar negeri dan dalam negeri juga,” kata Anwar saat ditemui di Gedung MK, Rabu (10/1/2024). 

Menurut dia, pihak yang melabeli dirinya sebagai hakim paling sering bolos hanya melihat dari dokumen putusan MK yang tidak memberikan keterangan alasan mengapa hakim tertentu tidak ikut memutus suatu perkara.

“Jadi kan begini, yang bersangkutan hanya melihat, ‘Demikianlah diputus oleh sekian hakim’ (pada dokumen putusan). Memang tidak ada keterangan bahwa kok kurang satu misalnya ke mana, kadang-kadang kurang dua (hakim),” tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
Viral