Antre Pengurusan Jenazah Purwakarta.
Sumber :
  • Agung Prasetio

Petugas Terpapar Covid-19, Pengurusan Jenazah di Purwakarta Antre

Selasa, 29 Juni 2021 - 10:36 WIB

Purwakarta, Jawa Barat - Antrean jenazah pasien Covid-19 untuk proses pemulasaran terjadi di  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih, Purwakarta, Jawa Barat (Jabar). Hal ini terjadi karena tiga petugas kamar mayat sakit, sementara delapan tenaga bantuan untuk pemakaman dari BPBD juga terpapar Covid-19.

Kondisi ini menjadikan proses pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di RSUD Bayu Asih hanya dilakukan oleh dua orang, sehingga keluarga jenazah pasien Covid-19 terpaksa menunggu lebih lama agar korban dapat diurus pihak rumah sakit.

Ketika tvOne mengunjungi rumah sakit yang terletak di Jalan Veteran ini, setidaknya ada tujuh jenazah harus menunggu giliran untuk proses  pemulasaran. Sementara petugas yang menangani hanya berjumlah dua orang.  

Sementara itu, pihak RS mengakui kekurangan tenaga pemulasaran jenazah Covid-19, sehingga proses pengurusan jenazah mengalami keterlambatan.

Untuk mengatasi persoalan ini, pihak rumah sakit menunggu bantuan tenagat tambahan dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sementara itu  terkait tingginya angka kematian, RSUD telah menyediakan sebanyak 50 peti mati untuk persediaan satu pekan dengan asumsi pasien Covid-19 yang meninggal antara 7 hingga 10 orang per hari.

"Pasien covid yang meninggal meningkat. Petugas ada yang sakit, sementara petugas bantuan dari BPBD terpapar covid, sehingga terjadi keterlambatan dalam pengurusan jenazah.  Untuk pasien yang meninggal pasca-Lebaran kemarin sekitar 80 orang. Kita juga siapkan peti mati rata-rata 10 peti tiap harinya," ujar Direktur Utama RSUD Bayu Asih, Agung Darwis. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral