Gerakan Salam 4 Jari.
Sumber :
  • Instagram @johnmuhammad_

Apa Itu Gerakan Salam 4 Jari yang Viral Jelang Pencoblosan?

Selasa, 30 Januari 2024 - 13:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Seorang arsitek sekaligus aktivis green politics John Muhammad menjadi pelopor fenomena salam 4 jari yang muncul menjelang Pemilu 2024 dan sontak menjadi viral. 

Adapun tujuan dibalik fenomena ini adalah dimaksudkan untuk pemilih yang masih bimbang memilih paslon di Pilpres 2024. Ia berharap gerakan ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya pemilihan presiden dalam satu putaran. 

“Usulan untuk @partaihijau.id yang udah mendeklarasikan #BukanPrabowoGibran & temen-temen masyarakat sipil yang punya keresahan, pandangan & sikap serupa,” ujarnya John Muhammad dikutip di akun Instagram @johnmuhammad_  pada Selasa (30/1/2024).

Pada unggahan tersebut dijelaskan makna dari simbol tersebut adalah perjuangan bersama pihak-pihak meskipun berbeda ideologi.

Simbol ini juga melambangkan pembelaan pada Sila Ke-4 Pancasila yang berarti dari, oleh dan untuk rakyat (demokrasi) melalui musyawarah mufakat.

Ini juga mengisyaratkan tanda bahaya dan atau meminta pertolongan dalam bahasa isyarat internasional, yang terakhir sebagai simbol asa kekuatan politik baru (ke-4) yang lebih progresif melawan oligarki dan politik dinasti.

Adapun alasan terciptanya simbol ini adalah karena keyakinan bahwa paslon nomor urut 02 tidak layak dipilih dan harus dihindari, kesadaran atas banyaknya invisible hands yang tak menghendaki terbentuknya koalisi paslon nomor urut 01 dan 03 pada putaran kedua. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral