Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Antara

Jelang Pemilu Bagi-bagi Bansos, Usman Hamid: Jokowi Rendahkan Jabatan Kepresidenan Demi Gibran

Kamis, 1 Februari 2024 - 18:12 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia (AII) Usman Hamid menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merendahkan jabatan kepresidenan demi anaknya Gibran Rakabuming Raka yang maju sebagai Cawapres pada Pilpres 2024.

Usman mengatakan, kegiatan Jokowi yang akhir-akhir ini kerap turun ke daerah terutama di Jawa Tengah untuk membagikan bantuan sosial (Bansos) kepada rakyat merupakan bentuk penyalahgunaan sumber daya negara.

“Harusnya sadar diri, pembagian bansos adalah urusan Kementerian Sosial bukan Presiden. Dia merendahkan jabatan kepresiden untuk kepentingan Gibran,” kata Usman, Kamis (1/2/2024).

Dia mengatakan, bansos  berasal dari uang rakyat dan ditujukan untuk rakyat, sehingga bukan milik partai politik (parpol) atau perorangan.

Lebih lanjut, Usman menyebut bahwa saat ini cukup banyak lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memantau jalannya pemilu seperti Perludem.

Menurutnya, lembaga itu menunjukkan ada temuan awal kecurangan pemilu, sehingga berinisiatif untuk menjaga pemilu dan menjaga suara rakyat menjelang Pilpres 2024.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan,  menteri hingga presiden bisa memihak dan berkampanye sesuai UU Pemilu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral