Sebuah rumah mengalami kerusakan parah setelah diguncang gempa Magnitudo 7,4.
Sumber :
  • Tim tvOne/Arsil Ihsan

Ratusan Rumah Rusak, Ribuan Warga Pulau Bonerate Selayar Masih Mengungsi

Rabu, 15 Desember 2021 - 21:41 WIB

Kepulauan Selayar, Sulsel – Sejumlah lokasi pemukiman warga tampak sepi dan hanya dijaga oleh aparat Kepolisian dan TNI. Hingga Rabu malam ini, dari Pantauan tvonenews.com warga di desa Bonerate masih berada di pengungsian di wilayah perbukitan.

Enam desa di Pulau Bonerate dan dua desa di Pulau Lambego, Kecamatan Pasimarannu, menjadi dua pulau yang terdampak cukup parah akibat gempa magnitudo 7,4 pada Selasa (14/12/2021) lalu. 

Berdasarkan data terbaru TNI Koramil Pasimarannu dan Polsek Pasimarannu pada Rabu (15/12/2021), dampak gempa berkekuatan magnitudo 7,4 di Pulau Bonerate yang paling parah terjadi di desa Sambali. Desa ini terletak dipesisir barat pulau Bonerate. Setidaknya,  162 rumah, 1 kantor dan 1 gedung sekolah rusak parah. 

Sementara dipulau Lambego yang bersebelahan dengan Pulau Bonerate dengan jarak hanya 1 mil, juga terdampak cukup parah. Tercatat sekitar 90 rumah warga rusak sedang hingga berat. Bahkan, di Desa Bonerate, sebuah Mesjid juga rusak berat akibat gempa.

Sementara itu, Camat Pasimarannu, Syamsil, di pulau Bonerate pada Rabu (15/12/2021) siang kepada tvonenews.com menyampaikan bahwa sampai hari ini, ribuan warga di enam desa yang ada di Pulau Bonerate masih bertahan di lokasi pengungsian yang berada di perbukitan.

“Sejumlah lokasi pengungsian ada dibukit Majapahit, bukit Lagundi, bukit Miantuu, bukit One, Bukit La Rabu, Bukit Lambego dan Poros One. Perkiraan jumlah warga yang mengungsi sekitar 10 ribu warga dari 8 desa di Kecamatan Pasimarannu,” jelas Syamsil. 

Syamsil menambahkan, pihaknya telah mengeluarkan himbauan untuk kembali ke rumah masing-masing, tapi karena warga masih mengalami trauma guncangan gempa kuat dan ketakutan akan datangnya Stunami, mereka masih bertahan di pengungsian.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral