Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Nadia Putri Rahmani-Antara

Soal Anies akan Bubarkan BUMN dan Diganti Koperasi, Timnas AMIN Bantah Keras: Erick Thohir Buat Hoax

Senin, 5 Februari 2024 - 06:28 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Soal calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan akan membubarkan BUMN dan diganti koperasi, Timnas AMIN (Anies-Muhaimin) membantah keras. 

Bantahan ini disampaikan Jubir Timnas AMIN Said Didu sebagai tanggapan atas komentar Menteri BUMN Erick Thohir. Said menyampaikannya melalui video di akun X miliknya pada Minggu (4/2/2024).

Dia pun menjelaskan awal mula konteks mencuatnya isu tersebut dikaitkan dengan AMIN. 

Dia mengatakan pihaknya sempat mengundang pakar koperasi. Salah satu pakar dalam agenda itu melempar ide BUMN dimiliki oleh koperasi.

Jubir Timnas AMIN Said Didu. Dok: Tangkapan layar-tvOne

"Yang terjadi adalah tim AMIN mengundang pakar koperasi membahas tentang koperasi. Dan salah satu pakar koperasi Suroto yang menyatakan bahwa BUMN sebaiknya dimiliki oleh koperasi. Jadi sama sekali tidak pernah ada sikap pasangan AMIN untuk mengubah BUMN karena pasangan AMIN paham bahwa dasar hukum pembentukan BUMN adalah Pasal 33 UUD 1945 yang menyatakan cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Itulah dasar pembentukan BUMN. Juga UU BUMN Nomor 19 Tahun 2003 dan UU Keuangan Negara Nomor 17 Tahun 2003," kata Said. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral