Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Antara

Afrika Undang Mantan Mendag Jokowi untuk Bagikan Kesuksesan Hilirisasi

Senin, 5 Februari 2024 - 14:27 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Program hilirisasi yang digagas oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan perhatian dari lembaga dunia Carnegie Endowment for International Peace.

Carnegie Endowment adalah lembaga think tank tertua dan paling bergengsi di Amerika Serikat. Lokakarya ini akan dipandu oleh Dr Folashade Soule, Dr Soule adalah peneliti senior di Universitas Oxford, peneliti tamu di Universitas Ghana, dan peneliti non-residen di program Carnegie Endowment Africa.

Secara khusus, lembaga ini mengundang mantan Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi jadi pembicara dalam pertemuan dunia membawakan tema "Memaksimalkan Manfaat dari Pembaruan Kepentingan Global pada Mineral Strategis/Kritis" di Afrika di The Westin Cape Town, Afrika Selatan pada Kamis (8/2/2024)

Afrika menganggap Indonesia adalah role model bagi proyek hilirisasi untuk negara-negara berkembang penghasil tambang di dunia. 

Di era Jokowi, berkah hilirisasi tambang yang dilakukan, Indonesia mendapat manfaat 43,9 kali lebih besar dibanding sebelumnya. 

Sama halnya dengan Indonesia, Afrika pun kaya dengan sumber daya alam, terutama tambang.

Afrika ingin mencontoh kisah sukses Indonesia yang mampu melakukan hilirisasi tambangnya, terutama nikel dan emas hingga menghasilkan nilai tambah yang jauh lebih besar. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:58
01:43
04:43
01:04
02:18
03:32
Viral