Pratikno.
Sumber :
  • Antara

Alasan Mengapa Tuduhan yang Dilayangkan ke Pratikno Sebagai Operator Politik Jokowi Harus Dipertanyakan

Rabu, 7 Februari 2024 - 08:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, baru-baru ini menjadi bahan perbincangan karena dituduh sebagai operator politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) terutama dalam memfasilitasi pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden pasca- keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Isu yang diangkat oleh salah satu media nasional itu mendapat kritik dari Dosen Komunikasi Politik di Universitas Paramadina, Prabu Revolusi.

Dia menyoroti pentingnya etika jurnalistik, menuntut bahwa berita harus didasarkan pada data dan fakta yang dapat diverifikasi, serta sumber yang kredibel. 

Prabu menekankan bahwa publik harus waspada terhadap timing pemberitaan dan mempertanyakan motif di baliknya, mengingat dampaknya yang potensial terhadap opini publik menjelang pemilihan.

“Jika memang pemberitaan yang kita angkat itu betul betul memiliki kepentingan bagi publik sehingga narasumbernya terancam nyawa misalnya jika diungkapkan maka narasumbernya narasumber anonim.

Tetapi jika seperti itu maka sangat disarankan ruang redaksi tersebut atau pemberitaan tersebut harus mencantumkan dari mana informasi itu berasal” Ungkap Prabu.

Dia menambahkan bahwa tanpa dasar yang kuat, berita semacam itu bisa dianggap sebagai gosip dan berpotensi mempengaruhi pemilihan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral