Koalisi Masyarakat Sipil laporkan Prabowo ke KPK soal pembelian Jet Mirage bekas.
Sumber :
  • Haries Muhamad-tvOne

Koalisi Masyarakat Sipil Laporkan Prabowo ke KPK Soal Pembelian Jet Mirage Bekas

Selasa, 13 Februari 2024 - 13:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Keamanan melaporkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pembelian Pesawat Jet Mirage 2000-5 yang disebut-sebut ada tindak pidana korupsi.

“Kami melakukan pelaporan pengaduan dugaan tindak pidana korupsi dalam hal pembelian Pesawat Jet Mirage 2000-5 sebagaimana ramai dibicarakan,” kata Ketua Perhimpunan Bantuan hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI) Julius Ibrani di Gedung Merah Putih KPK pada Selasa (13/2/2024). 

Julius mengatakan laporan ini dilakukan setelah Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Keamanan mengumpulkan sejumlah data. Informasi yang didapatkan diklaim cukup untuk membuat KPK bergerak.

“Menurut kami cukup bagi pijakan KPK dalam mengusut sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya,” ujar Julius.

KPK diminta menindaklanjuti dugaan korupsi pengadaan jet tempur ini. Apalagi, kata Julius, kabarnya sudah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

“Karena ini kaitannya dengan anggaran negara tentu untuk membuat masalah ini menjadi clear and clear bukan menjadi perdebatan di ruang politik belaka,” terang Julius.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Transparency International Indonesia (TII) Danang Widoyoko meyakini KPK bisa menindaklanjuti kabar ini. Apalagi dugaan itu juga diusut negara lain.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
09:22
Viral