ilustrasi - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia.
Sumber :
  • istimewa

Jelang Pemungutan Suara, IJTI Serukan Jurnalis Profesional dan Independen Kawal Proses Demokrasi

Selasa, 13 Februari 2024 - 21:27 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) serukan kepada seluruh jurnalis Indonesia terus bekerja secara profesional, independen untuk mengawal dan mengawasi proses Pemilu 2024 agar tetap berjalan dengan baik, jujur, adil dan bermartabat. 

"Proses demokrasi yang tengah berjalan dengan baik harus terus dijaga dan dikawal bersama. Demokrasi dan kemerdekaan pers adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Mengingat kemerdekaan pers menjadi pilar penting bagi demokrasi," kata Sekjen IJTI, Usmar Almarwan, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (13/2/2024). 

Usmar juga menegaskan bahwa rakyat tengah bersuka cita merayakan pesta demokrasi lima tahunan. Tinggal menghitung jam suara rakyat akan menentukan siapa presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif untuk periode lima tahun mendatang. 

IJTI menyambut baik komitmen Capres Anies Baswedan, Capres Ganjar Pranowo dan Tim Pemenangan Prabowo Gibran untuk menjaga kemerdekaan pers melalui deklarasi yang diselenggarakan Dewan Pers pada Minggu (10/2/2023) lalu. 

"Sekalipun apa yang disampaikan belum menyentuh subtansi, kelak jika di antara mereka terpilih IJTI akan menagih komitmen menjaga kemerdekaan pers itu. Menjaga dan merawat kemerdekaan pers berarti menjaga demokrasi tetap berjalan dengan baik," kata Usmar.

Melalui keterangan tertulis itu, IJTI juga menyerukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Kemerdekaan pers adalah hal yang mutlak mengingat pers merupakan pilar kelima dalam demokrasi. Tanpa kemerdekaan pers yang hakiki, demokrasi tidak akan bisa berjalan dengan baik. oleh karena itu IJTI meminta komitmen kepada ketiga Capres dan Cawapres untuk terus menjaga serta merawat kemerdekaan pers di tanah air. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
Viral