Tangkapan layar peringatan dini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga mewaspadai potensi banjir pesisir atau rob di sembilan lokasi wilayah Jakarta pada 19 sampai 23 Februari 2024..
Sumber :
  • ANTARA/Twitter/@bpbdjakarta

Semua Warga Mohon Waspada, Ada Kabar Buruk di Sembilan Wilayah Jakarta

Senin, 19 Februari 2024 - 10:53 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji mengingatkan semua warga waspada terhadap potensi banjir pesisir atau rob di sembilan lokasi wilayah Jakarta pada 19-23 Februari 2024. 

Diketahui, potensi banjir rob ini berdasarkan laporan dari Stasiun Meteorologi Kelas I Maritim Tanjung Priok BMKG.

"Waspada banjir pesisir Provinsi DKI Jakarta pada 19 sampai 23 Februari. Potensi rob saat puncak pasang maksimum pukul 06.00 sampai 10.00 WIB di wilayah berikut," ujar Isnawa Adji dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Senin (19/2/2024).

Bersamaan dengan adanya fase bulan baru (purnama), sembilan wilayah pesisir Jakarta disebut berpotensi banjir karena meningkatnya ketinggian air laut yaitu Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Marunda, Cilincing, Kalibaru (Jakarta Utara) dan Kamal (Jakarta Barat).

BPBD DKI Jakarta juga mengajak masyarakat untuk selalu memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.



Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui laman https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt. Apabiila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

BPBD DKI Jakarta turut menggandeng Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan instansi terkait lain untuk penanganan bencana. Lalu, pihaknya juga menyiagakan ratusan pompa stasioner dan pompa keliling untuk menyedot genangan.

Tidak hanya menyuguhkan pameran otomotif, Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2024 juga dimanfaatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta untuk edukasi bencana ke publik yang perlu disosialisasikan.

Sebelumnya, Tim BPBD DKI Jakarta juga sempat memperlihatkan “show of force” sekaligus mengedukasi ke publik dengan tagline “Automotive Hero Day” di pelataran konser musik IIMS Infinite Show di JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral