Presiden RI Joko Widodo menyerahkan bantuan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Tangerang Selatan, Banten..
Sumber :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Mohon Bersabar Ini Ujian, Jokowi Ungkap Alasan Harga Beras di Indonesia Meroket Tinggi

Senin, 19 Februari 2024 - 15:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membeberkan alasan penyebab terjadinya harga beras yang naik di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Menurutnya, perubahan iklim dan cuaca menyebabkan gagal panen sehingga harga beras melonjak tinggi.

"Harga beras di seluruh negara, di dunia itu sekarang naik, tidak hanya di Indonesia saja, di semua negara harganya naik. Kenapa naik? Karena ada yang namanya perubahan iklim, perubahan cuaca sehingga banyak yang gagal panen," kata Presiden Jokowi di Tangerang Selatan, Banten, Senin (19/2/2024).

Presiden Jokowi menjelaskan konsumsi beras di Indonesia tidak mengalami perubahan, namun produksinya berkurang, sehingga terjadi kekurangan suplai yang berakibat pada kenaikan harga.

Berdasarkan situs resmi Badan Pangan Nasional yang diakses, harga rata-rata beras premium secara nasional mencapai Rp 16.100 per kg. Harga tertinggi terjadi di Provinsi Papua Pegunungan yang mencapai Rp 23.800 per kg, sedangkan harga terendah di Aceh sebesar Rp 14.850 per kg.



Pemerintah menyalurkan bantuan beras untuk kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM), berdasarkan data yang dikelola oleh Kemenko PMK. 

Bantuan Pangan Beras telah terlaksana sejak awal tahun 2023 dalam 2 tahapan dan kemudian dilanjutkan lagi pada tahun 2024. Bantuan pangan beras di 2024 disalurkan mulai Januari sampai Juni. 

"Jadi ini Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni. Nanti setelah Juni kita liat APBN-nya mencukupi atau tidak. Kalau mencukupi kita lanjutkan," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan telah melakukan peninjauan terhadap stok beras di ritel modern untuk memastikan ketersediaan dan harga yang stabil bagi masyarakat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral