omisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Aris Adi Leksono saat diwawancarai di Jakarta, Rabu (27/9/2023).
Sumber :
  • ANTARA

KPAI: Sistem Pencegahan dari Satuan Pendidikan Masih Lemah Akibatkan Perundungan di Sekolah

Selasa, 20 Februari 2024 - 14:35 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menekankan pentingnya sistem pencegahan dan pengawasan dari satuan pendidikan terkait potensi kasus perundungan.

Menurut KPAI, sekolah mestinya mampu mendeteksi secara dini adanya kelompok-kelompok anak yang berpotensi berperilaku negatif, termasuk perundungan.

"Kami melihat lemahnya sistem pencegahan dan pengawasan dari satuan pendidikan, sehingga tidak mampu melakukan deteksi dini terkait kelompok yang ada di sekolah tersebut," kata Anggota KPAI, Aris Adi Leksono, seperti dikutip ANTARA, Selasa (20/2/2024).

Akibatnya, lanjut Aris, kelompok ini mempengaruhi temannya untuk berperilaku negatif dengan mengajak bergabung anggota yang lain. Akhirnya, kelompok perundungan atau bullying muncul.

Hal ini dikatakan Aris menanggapi kasus perundungan terhadap siswa yang terjadi di sekolah internasional di Tangerang Selatan, Banten.

Kasus perundungan tersebut kini semakin viral, lantaran pelaku perundungan diduga adalah anak dari seorang publik figur.

Menurut Aris, perundungan masih sering terjadi di sekolah karena satuan pendidikan masih belum memahami perannya untuk melindungi siswa.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral