Makkah.
Sumber :
  • Kemenag

Kemenag Tidak Anjurkan Umrah Backpacker, Kenapa?

Minggu, 25 Februari 2024 - 23:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Agama (Kemenag) tidak menganjurkan umrah backpacker. Hal ini ditegaskan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dia mengatakan perjalanan umrah berbeda dengan perjalanan wisata lainnya. Pasalnya, umrah melibatkan aturan-aturan peribadatan yang harus dipatuhi.

“Ini kalau kita ke luar negeri kita bisa sendiri. Ke mana? Ke Eropa, Jepang, Amerika, ke manapun kita bisa lakukan sendiri karena tidak ada aturan-aturan dalam melakukan perjalanan itu. Tapi umrah berbeda. Ada aturan peribadatan yang harus dipenuhi,” kata Yaqut dikutip pada Minggu (25/2/2024). 

Yaqut menjelaskan tidak semua umat memahami aturan-aturan tersebut sehingga diperlukan bimbingan dan bantuan dalam melaksanakan ibadah umrah.

Di samping itu, kata dia, ada banyak aspek praktis yang juga perlu dipertimbangkan seperti pemesanan hotel dan makanan yang mungkin memiliki perbedaan dengan budaya kuliner Indonesia.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan pengalaman yang kurang memuaskan bagi para jemaah yang tidak terbiasa dengan lingkungan dan tata cara di negara-negara tujuan umrah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral