Tangkapan layar anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty (kedua kiri) menjawab pertanyaan wartawan.
Sumber :
  • ANTARA

Dalami Dugaan Penggelembungan Suara PSI, Bawaslu Sebut Sedang Lakukan Hal Ini

Senin, 4 Maret 2024 - 18:04 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Lolly Suhenty menanggapi soal laporan adanya penggelembungan suara oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan kompilasi laporan terkait dengan perbedaan suara PSI dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dengan foto dokumen formulir Model C Hasil Plano.

"Saat ini kami masih menunggu dari bawah. Informasi yang masuk kepada kami banyak sehingga dalam konteks ini Bawaslu mengompilasi seluruh masukan," kata Lolly di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Lolly lantas menjelaskan bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan jajaran di bawah untuk melakukan pencermatan terkait rekapitulasi berjenjang yang sedang berjalan saat ini, termasuk suara PSI.

"Kami langsung turunkan lagi ke bawah untuk dilakukan pencermatan baik yang di kabupaten/kota atau yang sudah masuk provinsi, termasuk kami sendiri mengkompilasi supaya nanti begitu rekap nasional kami punya dokumen untuk melihat lagi, mencermati lagi," ujar dia.

Lolly mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan koreksi, termasuk dari tingkat kecamatan bila ada temuan kesalahan.

Ia menegaskan bahwa proses koreksi itu pasti ada. Kalau ada kesalahan di tempat pemungutan suara (TPS), mekanisme koreksinya di kecamatan saat rekap.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral