Djarot sebut Hak Angket di DPR Tanpa Instruksi PDIP.
Sumber :
  • istimewa

Djarot sebut Hak Angket di DPR Tanpa Instruksi PDIP

Selasa, 5 Maret 2024 - 17:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan partainya tidak memberikan instruksi khusus soal pengajuan hak angket di DPR RI.

Dia menjelaskan hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024 itu diusulkan oleh masing-masing anggota fraksi. Hak angket merupakan hak pribadi masing-masing anggota fraksi.

“Kalau itu sih belum, tapi itu digunakan, tapi tidak ada instruksi seperti ini. Itu adalah hak Anda. Kalau Anda mengalami atau menyaksikan penyelewangan, kemudian bentuk kecurangan, Anda boleh ajukan,” kata Djarot di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Djarot sendiri mengaku mendukung hak angket soal dugaan pemilu curang diajukan. Menurutnya, hal itu bisa mengevaluasi kebijakan yang dilakukan pemerintah.

“Dan agar kita semua yakin bahwa pemilu kemarin itu benar-benar dijalankan, dilaksanakan sesuai dengan koridor konstitusi demokrasi dan prinsip-prinsip pemilu yang Luber Jurdil,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menyebut pemerintah tidak perlu khawatir bila hak angket digulirkan di DPR. Dengan diajukannya hak angket, dia ingin pemerintah bisa memberikan penjelasan terkait isu pemilu curang yang beredar di masyarakat.

“Dengan cara seperti itu maka rakyat bisa melihat bahwa pemilu itu berjalan secara baik bahwa pemilu kita itu berjalan secara baik, bahwa hasil dari pemilu itu betul-betul legitimate atau tidak legitimate,” beber Djarot. (saa/aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
01:50
Viral