Presiden Tiba di Kaltara untuk peletakan batu pertama Kawasan Industri terbesar di Dunia, Selasa (21/12/2021).
Sumber :
  • Tim Tvone-Muhammad Tahir

Presiden Kunjungi Kaltara, Peletakan Batu Pertama Kawasan Industri Terbesar di Dunia

Selasa, 21 Desember 2021 - 10:39 WIB

Tarakan, Kalimantan Utara–Dengan menggunakan pesawat kepresidenan Presiden Joko Widodo kembali mendarat di Tarakan, Selasa (21/12/2021). Kunjungan kali ini adalah untuk melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama di Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI) Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Pada kunjungan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Rombongan disambut Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang, Kapolda Kaltara dan Pandgam VI Mulawarman.

Rombongan Presiden dari Tarakan menggunakan helikopter Super Puma dan lokasi KIPI seluas 30.000 hektar tersebut digadang-gadang merupakan kawasan industri terbesar di dunia dengan mengalahkan Eropa dan Amerika.

Komitmen investasi di Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI) Tanah Kuning, Provinsi Kalimantan Utara sudah mencapai 130 miliar dollar AS atau setara Rp 1.800 triliun. Di lokasi ini Presiden juga akan menandatangani Investment Frame Work Agreement dengan 7 perusahaan asing.

Proyek ini juga ditargetkan selesai konstruksi pada 2024 dan operasi bertahap mulai 2023, 2024 hingga 2029. Adapun, investasi senilai US$ 132 Miliar itu diperlukan untuk seluruh tahapan konstruksi dan komersialisasi sampai delapan tahun ke depan.

Pengembangan kawasan industri terbesar di dunia cukup strategis dengan keberadaanya yang hanya sekitar 200 kilometer dari lokasi Ibu Kota Negara baru di Kaltim. KIPI pun menggunakan energi terbarukan sebagai sumber energi, yakni hydropower dan solar panel. Selain itu, 2,9 trillion cubic feet (TCF) gas juga digunakan sebagai sumber energi pada kawasan tersebut.

Selain itu, di Kota Tarakan Jokowi akan membagikan sebanyak 1.509 lembar sertifikat lahan tambak yang rencananya segera dibagikan kepada pemiliknya.(Mumammad Tahir/Ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral