ilustrasi bendera Indonesia dan Amerika Serikat.
Sumber :
  • Dok. Kedubes AS

4 Program IKN Ini Didanai oleh Amerika Serikat, Apa Saja ya?

Kamis, 7 Maret 2024 - 08:21 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Utusan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden datang ke Indonesia untuk berkunjung ke Ibu Kota Negara (IKN) mulai dari tanggal 6-8 Maret 2024.

Direktur Badan Perdagangan dan Pembangunan AS (USTDA), Enoh T. Ebong mengungkapkan setidaknya ada empat program IKN yang didanai langsung oleh Amerika Serikat.

Pertama, Nusantara Business Forum; pada program ini Ebong akan membuka Forum Bisnis Nusantara USTDA, yang akan membahas solusi kota pintar dan peluang komersial yang terkait guna meningkatkan kelayakan huni dan keberlanjutan ibu kota baru.

Kedua, Nusantara Procurement and Project Management Workshop; Di bawah Inisiatif Pengadaan Global USTDA, Ebong akan menutup lokakarya pelatihan bagi 60 pejabat Indonesia dari 12 lembaga pemerintah untuk membantu mengoptimalkan pengadaan infrastruktur berkualitas tinggi untuk Nusantara.

Ketiga, New Capital Reverse Trade Mission; Ebong akan mengumumkan dukungan USTDA untuk misi reverse trade ke Amerika Serikat guna memperkenalkan pejabat Indonesia pada solusi kota AS.

Dan keempat, Nusantara Smart City Technical Assistance; Ebong akan mengumumkan dukungan persiapan proyek baru untuk infrastruktur kota pintar Nusantara.

"Sejak tahun 1992, USTDA telah mendukung lebih dari 100 kegiatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, yang merupakan portofolio negara terbesar USTDA di kawasan Indo-Pasifik pada tahun 2023," ujar Ebong, dalam keterangan resmi, Kamis (7/3/2024).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral