IKN Menyita Perhatian Amerika Serikat, Siap Bantu Pengadaan Teknologi Berkualitas Tinggi.
Sumber :
  • istimewa

IKN Menyita Perhatian Amerika Serikat, Siap Bantu Pengadaan Teknologi Berkualitas Tinggi

Kamis, 7 Maret 2024 - 15:37 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ibukota Nusantara (IKN) begitu menyita perhatian Amerika Serikat (AS). Oleh karena itu, AS melalui Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat (USTDA) siap membantu Indonesia dalam mengarahkan pengadaan teknologi berkualitas tinggi.

Hal ini dipaparkan langsung oleh Direktur USTDA, Enoh T. Ebong dalam pertemuannya dengan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono.

"Sejak tahun 2021, Inisiatif Pengadaan Global atau Global Procurement Initiative (GPI) USTDA telah bermitra dengan Indonesia untuk memperkuat praktik pengadaan publik yang akan membantu mengarahkan pada pengadaan teknologi berkualitas tinggi dan tahan lama dengan penghematan pemerintah secara keseluruhan," ujar Ebong, di Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

Hal ini dikarenakan, pembangunan IKN akan memerlukan infrastruktur penting di setiap sektor, dan keputusan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang baik akan sangat penting dalam penerapan biaya yang efektif untuk kota yang berkelanjutan dan langgeng.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Ebong, pada bulan Maret 2024, telah menyelenggarakan lokakarya pelatihan GPI untuk lebih dari 60 pejabat dari 12 lembaga pemerintah Indonesia, terkait dengan praktik terbaik manajemen proyek dan pengadaan barang dan jasa internasional untuk membantu mengoptimalkan pengadaan penyediaan infrastruktur berkualitas tinggi di Nusantara. 

"Pelatihan ini berfokus pada analisis biaya siklus hidup dan prinsip nilai terbaik," jelasnya.

Kemudian, pada bulan Februari 2023, USTDA mengundang delegasi yang terdiri dari 15 pejabat bidang pengadaan Indonesia ke Washington, DC, New York City, dan San Francisco, untuk bertukar informasi dengan mitra-mitra AS di tingkat federal, negara bagian, dan lokal yang mengelola mekanisme pengadaan publik yang inovatif dan praktik terbaik. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral