ilustrasi keluarga sedang berbuka puasa.
Sumber :
  • ANTARA

Tak Perlu Bingung Melatih Anak untuk Ikut Puasa Ramadhan, Psikolog Bagikan Sejumlah Tips yang Bisa Diikuti Orang Tua

Sabtu, 9 Maret 2024 - 15:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Melatih anak untuk ikut berpuasa menjadi hal yang penting dilakukan orang tua. Sebab, ibadah puasa adalah salah satu kewajiban sebagai umat muslim.

Namun, melatih anak berpuasa kadang bukan hal yang mudah bagi para orang tua. Oleh karenanya, sejumlah cara dibutuhkan agar latihan puasa menjadi hal yang lebih menyenangkan.

Psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Novi Poespita Candra, menyampaikan terdapat sejumlah langkah yang perlu dilakukan untuk melatih anak-anak untuk mulai berpuasa, di antaranya dengan memberikan pemahaman terkait makna puasa.

"Cara mempersiapkan anak berpuasa adalah dengan mendiskusikan terlebih dahulu dengan anak kita mengapa puasa itu harus dilakukan. Pemahaman pada anak akan terjadi bukan dengan menasehati atau mendoktrin," kata Novi kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, anak-anak perlu diberikan pemahaman terkait makna puasa, berikut dengan keutamaan serta manfaat jika melakukan puasa, termasuk beberapa manfaat seperti kesehatan, mengendalikan diri, dan lainnya.

Selain itu, anak-anak diarahkan ke kesadaran bahwa momentum puasa di bulan suci Ramadan juga bermanfaat bagi orang lain, misalnya belajar melakukan kebaikan-kebaikan sederhana dengan bersedekah.

Selanjutnya, orang tua diimbau untuk membuka dialog dengan putra-putrinya guna membahas kesepakatan apakah mereka ingin mencoba puasa bersama-sama.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral