Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso di Jakarta, Jumat (8/3/2024).
Sumber :
  • ANTARA

Orang Tua Wajib Tahu! Jangan Lupa Perhatikan Hal Ini Jika Anak Mulai Ikut Puasa Ramadhan

Sabtu, 9 Maret 2024 - 14:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menjalani puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam di dunia. Bagi anak-anak sebenarnya belum diwajibkan, namun perlu juga untuk melatih mereka mengikuti ibadah yang satu ini.

Meskipun anak-anak diperbolehkan ikut latihan ibadah puasa, penting untuk memperhatikan beberapa hal agar mereka tetap sehat dan bugar.

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso menganjurkan orang tua untuk memperhatikan pemenuhan kebutuhan gizi anak yang berlatih menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

"Anak-anak belum diwajibkan atau dipaksa berpuasa, tetapi boleh kalau latihan berpuasa. Dan yang terpenting asupan gizinya harus terpenuhi," kata Piprim kepada awak media di Jakarta, Jumat.

Puasa Ramadhan diwajibkan bagi Muslim yang sudah baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim, tidak sedang dalam perjalanan.

Piprim mengatakan bahwa secara prinsip anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa meski sebagian anak pada usia enam tahun sudah memiliki kondisi fisik yang baik serta mampu berpuasa penuh layaknya orang dewasa.

Namun, ia mengatakan, apabila anak-anak ingin berlatih menjalankan ibadah puasa maka orang tua sebaiknya mendampingi dan memberikan perhatian khusus pada anak.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral