Plt Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani..
Sumber :
  • ANTARA

Warga Diimbau Tidak Konsumsi Makanan Dingin Selama Ramadhan, Ada Apa?

Minggu, 10 Maret 2024 - 18:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mengkonsumsi makanan ataupun minuman dingin selama Ramadhan 1445 Hijriah.

Menurut Plt. Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani, makanan dengan kondisi dingin bisa menyebabkan penyakit, di antaranya infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA.

"Dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan kami imbau agar tidak mengkonsumsi makanan yang dingin di saat musim hujan, sebab dapat menurunkan imun dan menyebabkan penyakit ISPA," kata Joni, Minggu (10/3/2024).

Penyakit ISPA disebabkan karena virus ataupun bakteri yang dapat menyerang ke semua usia, baik dari balita hingga lansia khususnya yang fisik atau imunitas tubuh melemah.

Selain itu, para pekerja lapangan juga rentan terkena dan sehingga masyarakat disarankan untuk menggunakan masker karena berhadapan langsung dengan debu dan polusi, serta kondisi cuaca yang berubah-ubah.

Ia menyebutkan, jika kondisi tubuh atau imunitas manusia menurun maka dapat menyebabkan sejumlah penyakit datang seperti demam, flu dan lainnya.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau agar masyarakat selama Ramadhan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat, tidak tidur terlalu malam.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral