Arsip foto- Kepala Basarnas Kusworo.
Sumber :
  • ANTARA

Sepanjang Ramadhan 2024, Basarnas Siagakan Personel Penanganan Bencana

Senin, 11 Maret 2024 - 11:32 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Sepanjang Ramadhan 1445 H/2024 M, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau BASARNAS siagakan seluruh personel untuk merespons penanganan darurat dampak bencana yang menerpa masyarakat.

“Waspada dengan segala potensi yang ada, tentu kesiapsiagaan harus menjadi hal yang utama selama bulan suci ini,” kata Kepala Basarnas, Kusworo, di Jakarta, Senin (11/3/2024).

Menurut dia, kesiapsiagaan memberikan pertolongan salah satu bentuk profesionalisme personel Basarnas kepada masyarakat seluruh Indonesia.

Terlebih dalam kaitan kondisi darurat bencana yang menurut analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sewaktu-waktu skalanya bisa meningkat seperti yang sedang terjadi saat ini.

Untuk itu, Kusworo menginstruksikan kepada para Kepala Kantor SAR, bukan hanya personel yang mesti sudah disiapkan, tetapi juga memastikan peralatan pertolongan pesawat atau helikopter, kapal laut, dan kendaraan taktis darat dalam kondisi prima.

"Segala bentuk kesiapan itu dilakukan tidak mesti menunggu dimulainya operasi gabungan Ramadhan-Lebaran oleh Menteri Perhubungan nanti," katanya.

Ia mencontohkan, hingga beberapa waktu ke depan beberapa daerah masih menjadi perhatian penanganan darurat dampak bencana oleh tim Basarnas. Sumatera Barat menjadi salah satunya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral