Dari Limbah Batubara, Listrik Jakarta Bisa Bertumbuh.
Sumber :
  • istimewa - Antara

Dari Limbah Batubara, Listrik Jakarta Bisa Bertumbuh

Sabtu, 16 Maret 2024 - 21:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Banyak yang tak menyangka soal manfaat limbah batubara. Hal ini, lantaran limbah batubara dinilai sebagai barang sisa yang tak memiliki nilai ekonomi.

Akan tetapi, limbah batubara ini bisa dimanfaatkan untuk membangun gardu distribusi listrik. Tak lain memiliki manfaat untuk pertumbuhan listri di Jakarta. 

Hal ini dikatakan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (IUD) Jakarta Raya, Lasiran. Bahkan dia sampaikan, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyulap 3,3 ton limbah padat pembakaran batubara menjadi batako sebagai bahan untuk membangun gardu distribusi listrik.

Nah, batako yang menjadi bahan bangunan tersebut berasal dari "Fly Ash dan Bottom Ash (FABA), yaitu limbah padat yang dihasilkan dari pembakaran batubara pada PLTU

"Kami gunakan limbah FABA ini untuk keperluan pembangunan gardu distribusi, sebuah aset PLN yang memiliki manfaat untuk pertumbuhan listrik Jakarta," kata Lasiran dalam keterangan yang disampaikan di Jakarta, Sabtu (16/3/2024).

Sambungnya menjelaskan,  bahwa pemanfaatan FABA ini juga sejalan dengan misi pemerintah untuk mengurangi jejak karbon.

Lasiran mengatakan limbah yang sebelumnya dinilai sebagai barang sisa kegiatan produksi yang tidak bernilai ekonomi, kini justru bisa menunjang pembangunan nasional dan menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
02:06
03:18
01:35
00:48
13:32
Viral