Arsip foto - Desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara di Kaltim..
Sumber :
  • Dok Antara

DPR Harap Pembangunan IKN Maju Pesat

Senin, 18 Maret 2024 - 20:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wakil Ketua Komisi II DPR Syamsurizal mewanti-wanti pemerintah melalui Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono terkait pembangunan IKN.

Dia berharap agar pembangunan IKN itu tidak gagal seperti Kota Batam yang gagal berkembang karena kurang mendapat dukungan pemerintah dan para pebisnis.

Awalnya, Syamsurizal menyinggung soal pembangunan Batam yang berbarengan dengan Kota Shenzhen di China. Namun, hasilnya Batam tertinggal jauh dengan Shenzhen.

“Shenzhen itu dibangun serentak dengan Batam, sama-sama waktu itu, tapi hasilnya Shenzhen maju pesat luar biasa sampai penduduknya mencapai 17 juta,” jelas Syamsurizal saat rapat Komisi II DPR dengan Kepal Otorita IKN di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2024).

“Kalau Shenzhen melesat, Batamnya meleset. Apa yang diinginkan Batam waktu itu sama sekali tidak terwujudkan. Walaupun Batam ini ada semacam konsep yang berubah kemajuan jadi Batam biasa. Kemudian kita harapkan seperti Shenzhen itu tidak terjadi,” tambah dia.

Syamsurizal juga menjelaskan kegagalan Batam ini salah satunya disebabkan oleh Singapura yang menganggap Batam sebagai saingannya. Selain itu, Batam juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan pebisnis.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
11:28
10:12
09:50
01:53
01:33
Viral