Momen Langka, Sujud Sahwi Dilakukan Imam Msjidil Haram saat Sholat Tarawih.
Sumber :
  • istimewa

Momen Langka, Sujud Sahwi Dilakukan Imam Masjidil Haram saat Sholat Tarawih

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:17 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Baru-baru ini peristiwa langka terjadi di Masjidil Haram, Makkah saat sholat terawih malam kedelapan, Minggu (18/3/2024). Pasalnya, imam sholat Syekh Yasser Al-Dosari melakukan sujud sahwi sebelum salam.  

Insiden itu pun viral dalam bentuk video di media sosial. Bahkan terlihat setelah melakukan dua kali sujud dan duduk tahiyat akhir, Syekh Dosari menambahnya dengan dua sujud lagi (sujud sahwi) sebelum kemudian mengucapkan salam, tanda sholat berakhir. 

Selanjutnya, kesalahan apa yang dilakukan Syekh Dosari sehingga melakukan sujud sahwi? Jika mengamati siaran langsung televisi Arab Saudi (qurantvsa) dan pembicaraan di kalangan warganet.

Kesalahan Dosari adalah dia duduk (tahiyat) setelah menyelesaikan dua sujud pada rakaat pertama, padahal harusnya langsung berdiri lagi untuk meneruskan rakaat kedua. 

Disebutkan, setelah diingatkan oleh jemaah di belakangnya yang juga terdiri dari para imam Masjidil Haram dan ulama lainnya, Dossari baru berdiri untuk meneruskan rakaat kedua.

Namun, visual kekeliruan yang dilakukan Dossari pada rakaat pertama maupun sujud sahwi tidak tampak dalam video yang beredar tersebut, yang terdengar hanya audionya saja. 

Hal ini karena kamera sedang menyoroti jemaah yang sedang tawaf (mengelilingi Ka'bah 7 kali berlawanan arah jarum jam). 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral