Audiensi dengan Perwakilan Trah Sultan HB II dan Konsorsium Nusantaram Eva Raksamahe dengan Menkumham RI.
Sumber :
  • Istimewa

Menkumham Yassona Laoli Dukung Penuh Repatriasi Culture Heritage Milik Sultan HB II

Sabtu, 23 Maret 2024 - 02:39 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yassona H. Laoli mendukung upaya pengembalian seluruh aset dan manuskrip milik Sri Sultan Hamengku Buwono (H) II yang dirampas Inggris dalam peristiwa Geger Sepehi 1812

Yassona juga menyatakan dukungannya terkait rencana gugatan ke Mahkamah Internasional dalam kasus repatriasi culture heritage (Pengembalian aset, manuskrip, dan benda bersejarah) milik Sri Sultan Hamengku Buwono II yang dirampas Inggris. 

Dukungan ini disampaikan Menkumham saat audiensi dengan Perwakilan Trah Sultan HB II dan Konsorsium Nusantaram Eva Raksamahe, di Jakarta, Kamis (14/3/2024) kemarin. 

Konsorsium Nusantaram Eva Raksamahe adalah gabungan dari beberapa lembaga, yayasan, penggiat, dan perlindungan budaya nusantara yang saat ini tengah berjuang bersama untuk mengembalikan aset dan manuskrip milik Sri Sultan Hamengku Buwono II (Sultan HB II) yang dirampas Inggris pada peristiwa Geger sapehi 1812. 

Bahkan dalam audiensi tersebut, Yassona juga menyatakan kesiapannya untuk berkoordinasi dengan kementerian, lembaga terkait dan Duta Besar Inggris.  

Fajar Bagoes Poetranto selaku Ketua Trah Sultan HB II menyambut baik dukungan yang diberikan Menkumham Yassona H. Laoli. 

"Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan Pak Menkumham terkait upaya yang tengah kami lakukan agar aset dan manuskrip milik eyang kami Sultan HB II yang di rampas Inggris dapat segera dikembalikan," kata Bagoes Poetranto dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
00:57
Viral