Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto..
Sumber :
  • Dok Antara

Panglima TNI Jenderal Agus Sebut Amunisi Kadaluarsa Terkena Gesekan Sensitif Meledak

Minggu, 31 Maret 2024 - 18:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyambangi Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya di Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor pada Minggu, 31 Maret 2024.

Agus menjelaskan amunisi yang sudah kadaluarsa sekitar 10 tahun akan sensitif dan mudah meledak.

"Ya emang kalau sudah expired (kadaluarsa) itu relatif sensitif dia, labil. Dia kena gesekan pun, kena panas akan mudah meledak," kata Agus kepada wartawan di lokasi, Minggu (31/3/2024).

Agus mengatakan, amunisi yang sudah lewat masa pakai selama 10 tahun akan ditaruh dan dikumpulkan di Gudmurah.

Setelah itu, amunisi itu juga akan diperiksa secara sistematis dan bakal diledakan di disposal.



"Setelah dari satuan-satuan itu sudah tidak terpakai masa 10 tahun, dikumpulkan di Gudmurah yang ada di wilayah-wilayah. Kemudian, melalui pemeriksaan dan sistematis tersebut, hasil pemeriksaan tersebut akan diledakan di disposal," katanya.

Di sisi lain, Agus mengatakan pihaknya sudah mengecek seluruh permukiman di sekitar Gudmurah.

Dia meminta kepada masyarakat agar melaporkan ke pihak berwenang jika menemukan serpihan-serpihan amunisi.

"Alhamdulillah pukul 03.45 WIB dini hari, api sudah bisa dipadamkan kemudian langkah-langkah yang dilakukan pasca ledakan Paldam Jaya dibantu oleh satuan Jihandak dan POM untuk melaksanakan penyisiran dan pembersihan di lokasi ledakan," jelas Agus.

"Kemudian, satuan teritorial sudah mendata dan mengecek pemukiman di sekitar ledakan. Diharapkan apabila masyarakat menemukan serpihan atau kelongsong agar dilaporkan ke aparat," sambungnya.

Sebagai informasi, Gudang peluru Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 07/155 GS Kodam Jaya meledak pada Sabtu (30/3/2024).

Ledakan berdampak ke sekitar pemukiman Kota Wisata, Desa Ciangsana, Gunung Putri Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut keterangan yang diperoleh dari Ketua Paguyuban Cluster Kota Wisata Andri, ada granat yang terlempar ke cluster Kota Wisata.

"Peluru berhamburan sampai ke kota wisata. Jangan ada yang mendekat atau menonton. Polisi dan gegana sedang menangani," katanya.

Sebelumnya, Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan menjelaskan ledakan terjadi di gudang 6 dari 16 gudang yang ada di Gudmurah.

Saat kejadian, anggota TNI yang bertugas pun langsung memberi tahu warga sekitar agar tidak panik dan melaporkan apabila menemukan selongsong peluru.

Pangdam Jaya memastikan di sekitar lokasi gudang yang meledak, saat ini sudah aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir lagi.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang di sekitar lokasi ini untuk tenang dan tidak perlu khawatir lagi, karena kita nilai dampaknya tidak bisa menimbulkan ledakan lagi," kata Mayjen Hasan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024).

Menurutnya, meskipun sudah dapat dipastikan aman, namun anggota TNI akan melakukan penyisiran di sekitar lokasi ledakan yang dekat dengan Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, yaitu di Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor.

Dia juga menambahkan, penyisiran dilakukan untuk memastikan bahwa selongsong maupun sisa-sisa material yang meledak dan ke luar area gudang bisa dapat diamankan dan dibersihkan oleh petugas.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral