Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di TKP.
Sumber :
  • Istimewa

Penjelasan Panglima TNI soal Amunisi Kedaluwarsa yang Jadi Penyebab Kebakaran Gudang Peluru di Bogor

Minggu, 31 Maret 2024 - 19:56 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menjelaskan terkait banyaknya amunisi kedaluwarsa yang menjadi penyebab kebakaran Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (30/3/2024) malam.

Agus menjelaskan bahwa lokasi kebakaran adalah tempat penyimpanan amunisi yang sudah habis masa pakainya atau kedaluwarsa (expired).

Agus mengatakan 65 ton amunisi yang disimpan di gudang tersebut memang akan dimusnahkan. Namun, masih melalui proses pemeriksaan yang cukup panjang.

Hingga akhirnya puluhan ton amunisi tersebut meledak sebelum dimusnahkan atau disposal.

"Secara proses sistematis dan melalui pemeriksaan sebenarnya munisi tersebut akan dimusnahkan di Pameungpeuk, Jawa Barat. Namun, sebelum proses itu terjadi sudah terbakar dan meledak,” kata Panglima TNI saat meninjau lokasi gudang peluru yang kebakaran, Minggu (31/3/2024).

Ia menjelaskan alasan belum dimusnahkannya puluhan ton amunisi yang kedaluwarsa tersebut. Hingga akhirnya meledak terlebih dahulu. 

Menurut dia, karena berdasar standar operasional prosedur (SOP) yang dimilikinya proses pemeriksaan dan verifikasi di tingkat pusat cukup lama.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral