Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melepas bantuan untuk Palestina dan Sudan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta..
Sumber :
  • Istimewa

Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina dan Sudan Senilai Rp30 Miliar

Rabu, 3 April 2024 - 17:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk negara sahabat yang terdampak bencana, baik itu bencana alam maupun krisis kemanusiaan akibat perang.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas bantuan menuju Palestina dan Sudan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Rabu (3/4/2024).

Presiden Jokowi mengatakan muatan bantuan kemanusiaan kali ini mayoritas berisi peralatan kesehatan dan obat-obatan senilai Rp30 miliar.

"Bantuan kali ini senilai 30 miliar rupiah. Berupa obat-obatan dan peralatan kesehatan, dan juga bantuan yang lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan, sesuai dengan permintaan resmi dari Pemerintah Mesir dan Pemerintah Sudan,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya.



Menurutnya, pengiriman bantuan ini sebagai bentuk solidaritas dan komitmen pemerintah untuk terlibat aktif dalam menjaga perdamaian dunia.

“Pemerintah Indonesia selalu berkomitmen menjaga perdamaian dunia serta terlibat aktif dalam misi-misi kemanusiaan baik akibat perang maupun karena bencana (alam),” ucapnya.

“Kita turut prihatin atas persitiwa kemanusiaan yang terjadi di Gaza dan juga konflik internal di Sudan yang menimbulkan banyak korban,” sambung dia.



Bantuan kali ini berisikan bantuan yang merupakan permintaan langsung oleh pemerintah setempat.

Khusus untuk bantuan ke Palestina akan dikirimkan dari Indonesia melalui Mesir dan selanjutnya akan dikirimkan menuju Palestina.

Jokowi juga menguraikan paket bantuan untuk warga Palestina yang terdampak konflik Jalur Gaza akan diturunkan di Mesir. Ini karena banyak pengungsi Palestina yang berada di Mesir.

"Bantuan ini kita berikan ke Mesir untuk saudara-saudara kita di Palestina yang mengungsi di Mesir," kata Jokowi.



“Karena itu, untuk kesekian kalinya, kita kembali melakukan misi kemanusiaan ke Mesir dan Sudan untuk membantu saudara - saudara kita yang membutuhkan bantuan," lanjutnya.

Dia menambahkan, delegasi yang diterjunkan dalam misi pelepasan bantuan kali ini dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto.

"Bantuan ini akan diantar langsung ke Mesir dan Sudan, delegasi dipimpin oleh Pak Suharyanto, Kepala BNPB, yang beranggotakan seluruh unsur kementerian dan lembaga mitra pemerintah," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral