Laman Digital Weather for Traffic (DTW) yang dikelola BMKG.
Sumber :
  • Tangkapan layar

Info Mudik, Pemudik yang Naik Sepeda Motor Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah, Berpotensi Hujan Disertai Petir dan Angin

Minggu, 7 April 2024 - 09:25 WIB

Cilacap, tvOnenews.com - Info mudik, pemudik yang naik sepeda motor diimbau untuk selalu waspada

Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut ada potensi cuaca ekstrem hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng). 

"Wilayah Jateng yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem pada Senin (8/4/2024) meliputi Kabupaten Cilacap, Boyolali, Pemalang dan sekitarnya," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Minggu (7/4/2024).

Teguh menyebut potensi cuaca ekstrem itu dipicu oleh pola belokan angin dan konvergensi yang terlihat dominan untuk wilayah Pulau Jawa termasuk Jateng serta labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jateng. 

Di sisi lain, kata dia, wilayah Jateng saat sekarang telah memasuki masa pancaroba atau peralihan dari musim hujan menuju kemarau.

"Pada masa pancaroba, hujan masih berpotensi terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang yang kadang disertai petir. Waktu terjadinya hujan di wilayah pesisir selatan Jateng cenderung pada malam dan pagi hari. Sedangkan, di wilayah yang lebih ke utara atau jauh dari pesisir cenderung pada siang hingga sore hari," terangnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral