Suasana Tradisi Sambut Malam Lailatul Qadar di Ramadhan, Warga Baubau Gelar Ritual Malona Qodiri.
Sumber :
  • (tvOnenews.com/Jamil Azali)

Tradisi Sambut Malam Lailatul Qadar di Ramadhan, Warga Baubau Gelar Ritual Malona Qodiri

Minggu, 7 April 2024 - 11:16 WIB

Baubau, tvOnenews.com - Jamaah di dua masjid peninggalan Kesultanan Buton di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menggelar ritual Malona Qodiri atau tradisi menyambut malam Lailatul Qadar, Sabtu (7/4/2024) malam.

Tradisi unik dinamai ritual Malona Qodiri saat malam Lailatul Qadar yang dimulai sejak abad ke-16 ini digelar di setiap malam ke-27 Ramadhan di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Tradisi menyambut datangnya malam Lailatul Qadar atau ritual Malona Qodiri digelar usai menjalankan ibadah shalat tarawih dan witir.

Diawali dengan tabuhan beduk sebagai tanda dimulainya ritual Malona Qodiri. Seluruh perangkat masjid mengenakan pakaian adat kemudian duduk bersama sambil membacakan doa keselamatan bagi Negeri.

Prosesi Malona Qodiri dilanjutkan dengan acara santap malam bersama dengan beragam hidangan makanan yang sudah disediakan saat menyambut malam Lailatul Qadar.


Suasana ritual Malona Qodiri dilakukan warga Baubau di akhir Ramadhan 2024 (tvOnenews.com/Jamil Azali)

Berbagai hidangan makanan khas Kesultanan Buton, seperti baruasa, onde-onde, waje, cucuru dan berbagai penganan khas disajikan di atas talang dalam syukuran malam Lailatul Qadar.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral