Ilustrasi ASN saat bekerja sistem WFO tidak WFH ketika puncak arus balik mudik Lebaran.
Sumber :
  • Antara

Pengamat Unpad Sebut Kebijakan ASN untuk WFH dan WFO Urai Macet Arus Balik Mudik: Tak Harus Kejar Waktu

Sabtu, 13 April 2024 - 17:53 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kebijakan terhadap tugas kedinasan dari work frome home (WFH) maupun work from office (WFO) terhadap aparatur sipil negara (ASN) saat arus balik mudik Lebaran 2024, mendapatkan respons dari pengamat kebijakan publik Universitas Padjadjaran (Unpad) Asep Sumaryana.

Diketahui, saran kebijakan WFH dan WFO sesuai jadwal yang sudah ditentukan pada Selasa (16/4/2024) dan Rabu (17/4/2024) disebut pengamat dari Unpad tersebut sebagai penguraian tumpukan kendaraan yang terjadi saat arus balik mudik.

Seperti tidak mengejar waktu untuk bekerja yang diberlakukan untuk ASN, terutama pada yang memiliki pekerjaan tidak berhubungan dengan pelayanan publik secara langsung.

"Dengan pemberlakuan seperti itu, tumpukan arus balik dapat dikurangi karena tidak harus mengejar waktu agar bisa kerja bagi ASN yang tidak berhubungan langsung dengan pelayanan publik," ujar Asep saat dihubungi, Sabtu (13/4/2024).

Kebijakan WFO dan WFH untuk ASN diberlakukan lantaran hasil dari pertimbangan diskusi yang dilakukan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi agar permintaannya dapat disetujui oleh Presiden Jokowi.

Terutama pada tingkat fluktuasi terjadi pada arus balik Lebaran 2024 berdasarkan kebijakan WFO dan WFH untuk ASN yang berada di beberapa bagian yang tidak bekerja di kantor saat momen puncaknya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral