Janji Mensos Risma Siapkan Alarm Bahaya Bencana di Gunung Semeru.
Sumber :
  • ANTARA

Janji Mensos Risma Siapkan Alarm Bahaya Bencana di Gunung Semeru

Selasa, 23 April 2024 - 05:37 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berjanji bakal menyiapkan alarm bahaya bencana di wilayah sekitar Gunung Semeru.

Hal itu dikatakan Mensos Risma saat memberikan bantuan langsung kepada korban banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Mensos Risma dalam kunjungan itu menyalurkan bantuan langsung santunan sebesar Rp15 juta kepada ahli waris dari tiga korban jiwa akibat bencana tersebut.

Menurut dia, pihaknya juga berjanji akan menyiapkan call sign atau alarm bahaya bencana. Kementerian Sosial akan memandu Pemkab Lumajang untuk menyiapkannya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas sosial, pemkab serta tagana untuk melakukan pemetaan terhadap kawasan di sekitar Gunung Semeru yang mempunyai banyak potensi bencana, seperti erupsi, banjir bandang lahar dingin, ataupun longsor.

"Memang ada daerah yang potensi bencananya banyak, bisa tiga sampai empat potensi bencana. Nah ini ternyata di Lumajang tidak hanya erupsi Gunung Semeru, tapi bisa juga banjir lahar dingin dan longsor yang tanpa ada erupsi, tapi karena ada sedimentasi sehingga material itu bisa terbawa banjir akibat curah hujan tinggi. Jadi antisipasi maupun persiapannya memang harus lebih detail," ujar Risma.

Risma menyampaikan pihaknya telah terjun langsung untuk menangani banjir lahar dingin Semeru di Kabupaten Lumajang dan banjir luapan sungai di Kota Lumajang dengan membuka dapur umum pusat pengendalian operasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lumajang

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:16
02:20
09:45
06:41
02:45
00:46
Viral