Pengamat Kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto..
Sumber :
  • ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Lima Oknum Polisi Terseret Kasus Narkoba di Depok, Pengamat: Bukan Hanya Gebrakan-gebrakan Sesaat Saja!

Selasa, 23 April 2024 - 12:49 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengamat Kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menanggapi soal penangkapan lima oknum polisi yang terlibat penyalahgunaan narkoba di wilayah Depok.

Menurutnya, penangkapan lima oknum polisi yang terlibat penyalahgunaan narkoba tersebut layak diapresiasi.

“Itu artinya pengawasan oleh institusi Polri pada oknum-oknum perangkatnya berjalan,” kata Bambang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Bambang menambahkan upaya pengawasan dan penindakan tersebut harus terus didorong menjadi sebuah sistem yang paten, sehingga tidak ada celah bagi personel kepolisian untuk melanggar.

“Bukan hanya gebrakan-gebrakan sesaat saja,” tegasnya.

Dia juga menilai, penyalahgunaan narkoba tidak akan pernah usai karena kejahatan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anggota kepolisian.

Terlebih, segitiga kejahatan, yakni niat, peluang dan kemampuan yang menjadi faktor perilaku kejahatan juga terjadi di internal kepolisian.

Dia menyebut dengan kemampuan yang mumpuni, kewenangan penegakan hukum dan kesempatan yang terbuka karena sistem pengawasan yang lemah, anggota polisi yang sebelumnya tidak terlibat dalam kejahatan narkoba bisa menjadi berubah.

“Niat jahat itu hanya faktor kecil yang memicu kejahatan. Maka dari itu untuk upaya preventif mencegah kejahatan oleh kepolisian tidak hanya berlaku bagi masyarakat, tetapi juga harus ke internal organisasi Polri juga,” tuturnya.

Sebelumnya, kasus oknum polisi terlibat penyalahgunaan narkoba bukan yang pertama kali.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral