Anies Baswedan di PKS.
Sumber :
  • tvOnenews/Abdul Gani Siregar

Jika Prabowo Hendak Rekonsiliasi, Anies Baswedan: Kita Adalah Teman Demokrasi 

Selasa, 23 April 2024 - 13:20 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan tidak menutup kemungkinan terjadinya rekonsiliasi dengan presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto setelah masa Pilpres 2024 ini berakhir.

Tanggapan dari Anies Baswedan tersebut merupakan dorongan dari berbagai tokoh nasional yang ingin adanya rekonsiliasi atau upaya kembali memulihkan hubungan persahabatan seperti semula.

Secara lantang, Anies Baswedan yang merupakan mantan Gubernur Jakarta ini menyatakan bahwa dirinya dan Prabowo adalah teman demokrasi.

"Dari awal kami sering sampaikan bahwa lawan di dalam pemilu dan pilpres adalah teman dalam demokrasi, kami membedakan antara lawan dengan musuh," jelas Anies, di DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024).

"Jadi ketika proses kampanye, ketika proses pemilu memang posisinya, posisi lawan tapi sesungguhnya kita adalah teman demokrasi, karena itu kemarin ketika kami menyampaikan pesan-pesan seusai pengumuman putusan MK, kita kemarin menyampaikan mari sama-sama menjaga demokrasi," imbuhnya.

Kata 'lawan' dan 'musuh' dalam kontestasi politik seperti yang dimaksud oleh Anies adalah, kalau lawan adalah saling menguatkan sementara musuh bertendensi saling menghabisi.

"Kami ingin agar ada transition of power yang berjalan dengan baik kami tegaskan kemarin. Itu juga yang akan terus kita hormati, sehingga yang disebut-sebut sebagai tukar pikiran dan bertemu itu bukan sesuatu yang aneh dan dihindari, itu sesuatu yang normal terjadi," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral