Jembatan Uji Nyali di Salulebo Mamuju Tengah.
Sumber :
  • Gusni Kardi

Jembatan Uji Nyali di Mamuju Tengah, Tak Kunjung Diperbaiki Setelah Diterjang Banjir

Sabtu, 3 Juli 2021 - 14:39 WIB

Mamuju Tengah, Sulawesi Barat – Sebuah jembatan gantung di Salulebo, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar) rusak parah setelah diterjang banjir beberapa tahun lalu dan tak kunjung diperbaiki sampai sekarang. Kini jembatan tersebut menjadi tempat ajang uji nyali.

Bagaimana tidak, jembatan itu merupakan satu satunya akses bagi warga desa untuk bisa menyeberangi sungai. Masyarakat setempat tak memiliki banyak pilihan sehingga mereka terpaksa tetap memanfaatkan bangkai jembatan untuk menyeberangi sungai.

Keberadaan jembatan "uji nyali" ini terungkap setelah beredar video di media sosial internet yang kemudian menjadi viral. Dalam rekaman yang telah beredar luas itu terlihat pria memanggul karung meniti sisa jembatan gantung yang rusak untuk menyeberangi sungai berarus deras.

Namun tidak semua penduduk desa nekat meniti sisa jembatan gantung berbahaya tersebut. Pilihan lain untuk menyeberangi sungai adalah terjun ke sungai  berjalan dari sisi sungai ke sisi lainnya. Agar bisa melakukan itu penduduk desa harus berjalan cukup jauh ke bagian sungai yang tidak terlalu dalam.

Meski di lokasi dangkal pun sungai tetap tidak aman untuk dilintasi anak anak berjalan kaki. Karenanya mereka kerap melintasi sungai dengan digendong orang dewasa. Misalnya untuk berangkat ke dan pulang dari sekolah tiap harinya.

Penduduk setempat berharap video yang viral akan menggugah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju Tengah maupun pemerintah pusat. Mereka menginginkan pemangku kebijakan segera membangun jembatan yang layak dan aman. (gusni/irw/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral