Pemkab promosikan budaya lewat Festival Marunting Batu Aji.
Sumber :
  • istimewa - Antara

Pemkab Promosikan Budaya Lewat Festival Marunting Batu Aji

Sabtu, 27 April 2024 - 16:13 WIB

Palangka Raya, tvOnenews.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah mempromosikan seni dan budaya daerah itu melalui Festival Budaya Marunting Batu Aji (FBMBA).

"Kegiatan ini merupakan ajang promosi kebudayaan lokal atau daerah baik kepada masyarakat luar, turis asing maupun masyarakat Kobar (Kotawaringin Barat) itu sendiri," ujarnya Asisten III Sekda Kabupaten Kotawaringin Barat Syahruddin di Pangkalan Bun, Sabtu (27/4/2024).

Agenda FBMBA selama lima hari, 23-27 April 2024, di Lapangan Sampuraga Pangkalan Bun. Kegiatan itu juga wadah seniman menampilkan karya kreatifnya.

"Sehingga melalui kegiatan festival ini dapat memotivasi generasi muda untuk dapat berkreasi dan berprestasi, sekaligus melestarikan budaya daerah itu sendiri," bebernya.

Pada kegiatan tersebut diselenggarakan berbagai lomba tradisional, di antaranya masak tradisional, karungut, lagu daerah, tari pesisir, dan tari pedalaman.

"Festival ini memang salah satu cara kita mempromosikan seni dan budaya lokal kepada masyarakat. Ini juga upaya kita menjaga dan kelestarian budaya lokal," katanya.

Dia berharap Festival Marunting Batu Aji meningkatkan kreasi dan inovasi masyarakat, serta menjadi bagian dari upaya melestarikan budaya lokal d tengah perkembangan globalisasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
01:54
01:47
15:24
06:34
03:47
Viral